Kafir dan Murtad bag.II


إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَظَلَمُوا لَمْ يَكُنِ اللَّهُ لِيَغْفِرَ لَهُمْ وَلَا لِيَهْدِيَهُمْ طَرِيقًا (168) إِلَّا طَرِيقَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرًا (169)

168. Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan melakukan kezaliman, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni (dosa) mereka dan tidak (pula) akan menunjukkan jalan kepada mereka,
169. Kecuali jalan ke neraka jahannam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.(An Nisaa’)

Penjelasan Arti :
1. “Allah sekali-kali tidak akan mengampuni (dosa) mereka dan tidak (pula) akan menunjukkan jalan kepada mereka,” seperti sudah dijelaskan di bag.1, bahwa kafir dan murtad tidak akan diampuni allah SWT dan segala amalnya tidak akan diterima kecuali ia masuk islam.

2. ayat 169 : ini jelas bahwa orang kafir dan murtad akan kekal di neraka.

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِنَ الْإِنْسِ وَقَالَ أَوْلِيَاؤُهُمْ مِنَ الْإِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَا أَجَلَنَا الَّذِي أَجَّلْتَ لَنَا قَالَ النَّارُ مَثْوَاكُمْ خَالِدِينَ فِيهَا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ (128)

128. Dan (ingatlah) hari diwaktu Allah menghimpunkan mereka semuanya (dan Allah berfirman): “Hai golongan jin, sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia”, lalu berkatalah kawan-kawan meraka dari golongan manusia: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami.” Allah berfirman: “Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain).” Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (Al An’aam)

penjelasan arti :
1. “Hai golongan jin, sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia”. karena banyaknya manusia yg “DIARAHKAN” oleh jin untuk menyembah jin.( musyrik)

2. “lalu berkatalah kawan-kawan meraka dari golongan manusia” yaitu manusia yg menuruti “ARAHAN” jin. disebut ‘kawan’ jin.

3. “Ya Tuhan kami, sesungguhnya sebahagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebahagian (yang lain)” kaesenangan disini ,menurut Tafsir Ibn Katsir, karena setiap keinginannya selalu diberikan oleh jin.
Juga, menurut tafsir Baidlowy, mereka merasa senang karena jin telah menunjukan mereka kepada syahwat dan keberhasilan.

4. “dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami.” yaitu maut dan hari kebangkitan.

5. ” kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain)” bukan berarti bisa bebas dari neraka..! Syeikh Baidlowy mengatakan, “kehendak Allah yg lain” disini yaitu menangguhkan mereka untuk masuk neraka karena alasan yg hanya Allah yg tahu.
Di Tafsir Jalain disebutkan “kehendak Allah yg lain” yaitu pada waktu2 tertentu dimana ahli neraka dikeluarkan untuk meminum “hamim” (darah bercampur nanah atau cairan timah atau air yg sgt panas).

Kesimpulan :
orang kafir dan orang murtad yg tidak kembali pada keislaman maka ia akan kekal di neraka.

Semoga bermanfa’at…..

والله اعلم بالصواب

koreksi dari semua sahabat akan sangat berguna…

By multazamtech Posted in Islami

One comment on “Kafir dan Murtad bag.II

  1. Ping-balik: Kafir dan Murtad bag.I « Multazamtech's Blog

Silahkan anda berkomentar untuk kemajuan Blog ini...... Kalau ada link yang gak aktif, mohon untuk memberi tahu saya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s